Profil Sekolah

 



PROFIL SEKOLAH

SMP IT MUHAMMADIYAH BIREUEN

MODERN BOARDING SCHOOL


Memiliki anak – anak yang shaleh dan shalehah adalah dambaan bagi setiap keluarga muslim. Untuk mewujudkan harapan tersebut, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh setiap orang tua. Diantaranya adalah peran dan tanggung jawab orangtua dalam memilih pendidikan formal bagi anak – anaknya sesuai dengan metodologi Syari’ah Islam.

Di sisi lain, putra dan putri kita harus menghadapi dan hidup ditengah derasnya arus globalisasi, demoralisasi dan sekulerisasi. Hal ini dapat menimbulkan munculnya problematika hidup yang sangat kompleks dan saling terkait.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka Yayasan Muhammadiyah mendirikan Lembaga Pendidikan Tingkat Menengah (Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu) bersistem pemondokan/pesantren, guna memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, bangsa dan agama dalam mencetak kader – kadernya yang sanggup menghadapi kondisi yang sedang atau akan terjadi di masa yang akan datang.

Sekolah Islam Terpadu merupakan salah satu model sekolah alternatif, SMPIT adalah sekolah yang berupaya menerapkan pendekatan penyelenggaraan yang memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai-nilai Islam.

SMP IT menyelenggarakan seluruh proses belajar mengajar, dibangun dengan 7 prinsip umu yaitu rabbaniyah, integratif, stimulatif, fasilitatif, inovatif, motifatif dan islamisasi. Prinsip rabbaniyah dapat membentuk pribadi-pribadi rabbani yang sangat dekat dengan Allah dalam kondisi apapun baik dalam keadaan berdiri, duduk maupun dalam keadaan berbaring. Generasi rabbani akan mampu mengaplikasikan nilai-nilai cinta kepada Allah dan rasulnya dalam tataran amal yang konkrit yang sesuai Al-Quran dan sunnah Rasulullah SAW.

SMP IT menggunakan prinsip Islamisasi, ini merupakan faktor dan kunci utama yang membedakan Sekolah Islam Terpadu dengan sekolah lainnya dalam hal proses pembelajaran, tujuan utama Islamisasi adalah membentuk kesadaran dan pola fikir yang integral dalam perspektif Islam.

 

Alamat : Jl. Putro Bungsu Desa Geulanggang Teungoh Kec. Kota Juang Kab. Bireuen  - Aceh

E-Mail : smpitmuhbir2019@gmail.com

Untuk mengembangkan bakat dan kemampuan siswa, SMPIT Muhammadiyah menyediakan wadah berupa kegiatan ekstrakulikuler yang terdiri dari :

  • Tahfizul Qur`an
  • English Club
  • Arabic Club
  •  Panahan
  • Tapak Suci
  • Tahsin, Tajwid dan Tilawah
  • Hadist Riyadhus Shalihin
  • Praktik Ibadah

·     

TUJUAN

SMPIT Muhammadiyah Bireuen memiliki tujuan yaitu untuk menciptakan siswa yang shaleh, mandiri, berprestasi, berjiwa Qurani dan sosial tinggi.

 

KURIKULUM

Berdasarkan dari tujuan tersebut diatas, SMPIT Muhammadiyah menerapkan Sekolah Islam Terpadu dan Kurikulum Tematik 2013 serta ditambah dengan paket pendidikan yang meliputi :

1.      Pendidikan Al-Quran

2.      Pendidikan Bahasa Arab dan Inggris

3.      Komputer dan Internet

 

SISTEM BELAJAR

1.      Kegiatan belajar dan mengajar menggunakan sistem siswa aktif serta mengembangkan daya kreasi siswa. Selama belajar sangat ditekankan aplikasi nilai-nilai Islami dengan metode pendekatan keteladanan dari para pendidik

3.      Setiap hari siswa dibimbing untuk

a.       Disiplin

b.      Sholat berjamaah

c.       Menjadi seorang Hafidz Quran

d.      Menerapkan akhlaq Islami

 

WAKTU BELAJAR

Waktu belajar yang diterapkan pada SMPIT Muhammadiyah Bireuen Modern Boarding School yaitu pukul 07.30 s.d 15.30 dan selanjutnya yaitu waktu kegiatan pemondokan.


TENAGA PENDIDIK

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu diasuh oleh para pendidik yang berpengalaman yang berasal dari seluruh Provinsi Aceh seperti :

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. UIN Ar-raniry
  3. Universitas dan IAI Almuslim
  4. Politeknik Negeri Lhokseumawe
  5. IAIN Sumatra Utara
  6. Dan lain sebagainya


·         SUMBER DANA PENYELENGGARA PENDIDIKAN

·         Yayasan

·         Iuran SPP

·         Peserta Didik

 


0 komentar:

Posting Komentar